RSS

Jangan heboh tanpa gelas ukur….

07 Jan

Coba bayangin,

Pas praktikum, mau ngambil larutan pula, tapi gelas ukurnya gak ada….

Gimana bisaaaa???

Apa harus ngarang-ngarang aja volumenya??? (kata dosenku sih kayak “kimia sastra” aja jadinya), sekonyong-konyongnya kita ambil larutan secukupnya…. hehe…

Gak usah heboh gitu deh, nih salah satu solusinya…

Untuk mengukur volume larutan bila gak ada gelas ukur, maka dapat digunakan pipet tetes (harus utuh dari pangkal mpe ujung tentunya) dengan konversi 20 tetes = 1 mL. Jadi tinggal hitung aja, berapa mL larutan yang kita butuhkan. Biasanya sih yang volumenya sedikit, kalo banyak bisa aja kita gunakan buret ato yang lainnya….

Tapi kalo volume yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, penggunaan pipet tetes ini yang paling mudah. Hanya saja , jika ujung pipet telah patah, maka konversi ini gak berlaku lagiii….

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 7 Januari 2012 in Mengenal Kimiaaa

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: